PROGRAM PENDIDIKAN DOKTER SPESIALIS MIKROBIOLOGI KLINIK

Program Pendidikan Dokter Spesialis (PPDS) Mikrobiologi Klinik merupakan salah satu Program Studi di bawah Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM). Pendirian PPDS Mikrobiologi Klinik Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada pada tahun 2010 berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor UGM no 49/P/SK/HT/2010 tanggal 1 Februari 2010. SK Rektor UGM dapat dipakai sebagai dasar pembentukan program studi oleh karena status UGM sebagai universitas Badan Hukum Milik Negara (BHMN).

Selanjutnya PPDS Mikrobiologi Klinik FK-KMK UGM diakui keberadaannya oleh Konsil Kedokteran Indonesia (KKI) dengan SK no KD.02.01.01/KKI/II/0348/2011 tanggal 28 Februari 2011. PPDS Mikrobiologi Klinik FK-KMK UGM mulai menerima mahasiswa pada semester ganjil tahun ajaran 2010/2011.

PPPDS Mikrobiologi Klinik FK-KMK UGM mendapatkan akreditasi program studi dari LAM-PTKes dengan predikat Terakreditasi A (Sangat Baik) pada Agustus 2017.

Kantor dan sekretariat PPDS Mikrobiologi Klinik FK-KMK UGM berlokasi di Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM, Jl. Farmako, Sekip Utara, Yogyakarta, telepon: (0274) 580297, Fax: (0274) 581876, e-mail: bm.fk@ugm.ac.id

TENTANG PPDS MIKROBIOLOGI KLINIK

VISI
Menjadi Pusat Pendidikan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik yang bermutu serta menjunjung tinggi nilai profesionalisme sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi kedokteran, yang mandiri sehingga mampu menghasilkan akademisi dan tenaga profesional yang bertaraf internasional, inovatif serta berbudi luhur, mengabdi pada kepentingan bangsa dan kemanusiaan, dijiwai oleh nilai nilai budaya bangsa, berdasarkan Pancasila dan berpartisipasi aktif untuk meningkatkan kesejahteraan dan kecerdasan bangsa pada tahun 2030.

MISI

  1. Menyelenggarakan pendidikan tinggi yang berkualitas dengan berbasis kebutuhan akan kesehatan di masyarakat, dengan didasari oleh penelitian yang berkualitas dan memadai dalam bidang mikrobiologi klinik dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan dan memberdayakan kehidupan bangsa serta memelihara integritas nasional sehingga menghasilkan lulusan dengan kualitas keilmuan dan profesi yang beraras internasional, bermoral, tangguh, mempunyai jiwa pengabdian yang tinggi terhadap kemanusiaan, berjiwa pemimpin dan unggul berdasarkan jati diri bangsa.
  2. Mendukung pelaksanaan penelitian dan pelayanan dalam bidang mikrobiologi klinik dan penyakit infeksi, yang berkualitas dalam semua aspeknya, mulai dari pemilihan spesimen yang sesuai dengan sindroma klinik, pengambilan spesimen, penangan di laboratorium, analisis hasil, interpretasi klinik, sampai pada penyajian/pelaporan hasil kepada klinisi.
  3. Menjalin kerjasama dalam bidang pendidikan, penelitian dan pelayanan/pengabdian kepada masyarakat dengan institusi lain baik di dalam maupun di luar negeri.

PROSEDUR PENDAFTARAN

Informasi lebih lanjut mengenai persyaratan, prosedur pendaftaran, dan komponen biaya pendidikan, silakan kunjungi website:

KURIKULUM

Kurikulum PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM mengacu pada kompetensi yang ditetapkan oleh Kolegium Perhimpunan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik Indonesia (PAMKI) yang sesuai dengan visi dan misi PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM, meliputi kompetensi utama yang dimiliki oleh seorang Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik sebagai berikut :

  1. Mampu melakukan tatalaksana laboratorium mikrobiologi klinik mulai dari pengambilan spesimen sampai dengan pelaporan hasil.
  2. Mampu melakukan pemeriksaan, analisis, interpretasi hasil diagnosismikrobiologi klinik yang terdiri dari pemeriksaan mikroskopis, biakan dan identifikasi, uji kepekaan, serta seroimunologi mikroba.
  3. Mengetahui, memahami, dapat melakukan analisis, serta dapat melakukan tatalaksana klinis untuk melakukan konsultasi penyakit infeksi dalam kaitan diagnosis mikrobiologi, tata laksana penyakit infeksi khususnya penggunaan antimikroba serta aspek pencegahan muncul dan menyebarnya penyakit infeksi.
  4. Mengetahui, memahami, dapat melakukan analisis, serta dapat melakukan perawatan bersama klinis dalam kaitan tata laksana penyakit infeksi khususnya penggunaan antimikroba serta aspek pencegahan muncul dan menyebarnya penyakit infeksi tersebut.
  5. Bekerja sama dengan pemangku kepentingan, menyusun kebijakan dan pedoman penggunaan antimikroba.
  6. Mengetahui, memahami, melakukan analisis hasil surveilans infeksi nosokomial serta bisa melakukan tatalaksana pencegahan dan pengendalian infeksi nosokomial di rumah sakit bersama klinisi terutama dalam kaitannya dengan diagnosis mikrobiologi khususnya penanganan kejadian luar biasa di rumah sakit.

Disamping kompetensi utama, PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM, meliputi kompetensi pendukung sebagai berikut:

  1. Melakukan analisis hasil surveilans infeksi komunitas serta melakukan tatalaksana pencegahan dan pengendalian infeksi komunitas bersama klinisi terutama dalam kaitannya dengan diagnosis mikrobiologi khususnya penanganan kejadian luar biasa di komunitas.
  2. Menerapkan pengelolaan laboratorium mikrobiologi klinik dan penelitian yang benar sesuai dengan prinsip biosafety dan biosecurity
  3. Melakukan kerjasama multidisiplin baik sebagai pemimpin maupun sebagai anggotaberlandaskan kearifan lokal, etika, profesionalisme dan keilmuan berbasis bukti.

Selain kompetensi utama dan pendukung diatas, PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM mempunyai kompetensi khusus yakni :

  • Mampu melakukan pemeriksaan, analisis, interpretasi hasil deteksi molekuler agen penyebab penyakit infeksi dengan pendekatan pemeriksaan mikrobiologi molekuler.

Kurikulum PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM terdiri atas 72 SKS. Pelaksanaan kegiatan Program Studi diatur dalam kurikulum yang dapat diselesaikan dalam waktu 7 semester. Proses pembelajaran di PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM terdiri dari stase (57 SKS), kuliah (9 SKS), dan tugas akhir (6 SKS). Stase dijalani oleh peserta didik sesuai beban SKS telah ditetapkan. Beban SKS diimplementasikan dengan rentang waktu yang harus dijalani oleh peserta didik pada setiap stase. Pada setiap stase mahasiswa akan melakukan antara lain pelayanan pemeriksaan mikrobiologis sesuai dengan bidang stasenya, melakukan diskusi dengan pembimbing stase, mempresentasikan kasus,mempresentasikan jurnal,membuat referat, bed-side teaching, dan laporan pagi mingguan. Pada akhir masa stase akan dilakukan ujian stase oleh dosen penguji yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi. Pada prinsipnya kurikulum PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM dibagi menjadi tiga tahap:

  1. Mikrobiologi Klinik Dasar : Semester 1 – 4
  2. Mikrobiologi Klinik Lanjut : Semester 5 – 6
  3. Tugas Akhir : Semester 7

Silabus PPDS Mikrobiologi Klinik FK UGM

Semester 1 Kuliah Bakteriologi Dasar
Kuliah Virologi Dasar
Kuliah Mikologi Dasar
Kuliah Imunologi Dasar
Kuliah Bakteriologi Klinik
Kuliah Virologi Klinik
Kuliah Farmakologi Antimikroba
Kuliah Diagnostik Molekuler
Kuliah Biostatistik dan Metodologi Penelitian
Stase Media dan Sterilisasi
Semester 2 Stase Bakteriologi Umum
Stase Mikologi
Semester 3 Stase Mikobakterium
Stase Bakteri Anaerob
Semester 4 Stase Imunologi Serologi
Stase Virologi
Penyusunan Proposal Tugas Akhir
Semester 5 Stase Ilmu Penyakit Dalam
Stase Ilmu Bedah
Stase Ilmu Kesehatan Anak
Stase Ilmu Kebidanan dan Kandungan
Stase Ilmu Penyakit Mata
Stase Ilmu Penyakit Kulit dan Kelamin
Stase Ilmu Penyakit THT
Stase Ilmu Penyakit Saraf
Stase Intensive Care Unit
Semester 6 Infeksi Nosokomial/PPI
Mikrobiologi Lingkungan
Manajemen Laboratorium Mikrobiologi Klinik di Rumah Sakit
Presentasi Ilmiah Forum Nasional/Internasional
Semester 7 Tesis/Tugas Akhir
Ujian Akhir Lokal
Ujian Nasional Kolegium/PAMKI

PROSPEK KARIR LULUSAN

Penyakit infeksi dan resistensi kuman terhadap antimikroba masih menjadi masalah besar dalam bidang kedokteran dan semakin mendapatkan banyak perhatian dari para pemangku kepentingan (WHO, Kemenkes, dll). Oleh karena itu, lulusan program studi ini dapat bekerja di rumah sakit swasta maupun pemerintah, serta di berbagai laboratorium diagnostik kesehatan. Pengetahuan tentang agen infeksi harus terus dikembangkan, terutama dengan adanya berbagai penyakit emerging dan re-emerging disease. Lulusan program studi ini dapat juga bekerja sebagai dosen di berbagai institusi pendidikan atau menjadi peneliti di berbagai institusi penelitian.

RS JEJARING

Program Pendidikan Dokter Spesialis Mikrobiologi Klinik memiliki beberapa rumah sakit jejaring, di antaranya RSUP Dr. Sardjito sebagai rumah sakit jejaring utama, RS Akademik UGM, dan juga RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro Klaten. Mahasiswa menjalankan rotasi dan stase di berbagai rumah sakit tersebut untuk mempelajari berbagai kasus infeksi klinik.

KEGIATAN MAHASISWA

© 2021 - Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan UGM
X