Guru Besar Dept. Mikrobiologi FK-KMK sebagai Pembicara dalam Satellite Symposium Indonesian Hip and Knee Society (IHKS) 2024

Bandung, 31 Agustus 2024 – Prof. dr. Titik Nuryastuti, M.Si., PhD., SpMK(K) yang merupakan salah satu Guru Besar Departemen Mikrobiologi, Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FK-KMK) Universitas Gadjah Mada turut berpartisipasi sebagai salah satu pembicara dalam kegiatan Satellite Symposium yang diselenggarakan sebagai bagian dari 8th Biannual Scientific Meeting of Indonesian Hip and Knee Society (IHKS) 2024. Kegiatan ini berlangsung di Pullman Bandung Grand Central pada 28 Agustus – 1 September 2024. Beberapa pembicara yang turut mengisi acara symposium tersebut yaitu dr. Ricky Edwin P Hutapea, Sp.OT (K) Hip and Knee, Dr. dr. Sholahuddin Rhatomy, Sp.OT(K) Hip-Knee, Assist. Prof. Natthapong Hongku, dan dr. Rudi Hadinata, M.Ked, Sp.OT (K) Hip & Knee.

Dalam simposium tersebut, Prof. Titik Nuryastuti menyampaikan materi mengenai perkembangan terbaru dalam bidang mikrobiologi klinis, khususnya terkait infeksi biofilm pada prosthesis sendi yang kerap menjadi tantangan dalam bidang ortopedi, terutama pada operasi penggantian sendi lutut dan panggul. Topik yang diangkat oleh beliau memberikan wawasan mendalam tentang pentingnya pencegahan dan pengelolaan infeksi biofilm untuk mendukung keberhasilan tindakan bedah ortopedi.

IHKS merupakan organisasi yang berfokus pada peningkatan kualitas layanan medis terkait bedah panggul dan lutut di Indonesia. Pertemuan ilmiah dua tahunan ini menjadi wadah bagi para profesional kesehatan, terutama dokter spesialis ortopedi untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman terkait teknologi terbaru, tantangan klinis, serta penelitian di bidang ortopedi.Partisipasi Prof. Titik dalam acara ini mencerminkan dedikasi dan kontribusinya dalam mendukung kemajuan ilmu kedokteran dan kesehatan, khususnya dalam aspek pengelolaan infeksi klinis yang diakibatkan oleh infeksi biofilm di Indonesia. Kegiatan ini mendukung aspek SDG’s nomor 3, yaitu kehidupan yang sehat dan sejahtera.

oleh: Dian A
editor: Ayu R

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.