Dept. Mikrobiologi FK-KMK UGM Sukses Gelar Rangkaian Kegiatan “Visiting Professor and Guest Lecturer” Bahas Tantangan Infeksi Biofilm

Departemen Mikrobiologi Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (FK-KMK UGM) kembali menyelenggarakan rangkaian kegiatan akademik “Visiting Professor and Guest Lecturer“. Kali ini, acara tersebut menghadirkan Prof. Bastiaan Krom, Ph.D., dari University of Amsterdam, The Netherlands. Rangkaian kegiatan ini berlangsung selama lima hari, dari tanggal 5 – 9 Agustus 2024 yang mengupas tuntas berbagai aspek mengenai biofilm yang masih menjadi tantangan besar pada kasus infeksi.

Rangkaian acara ini dimulai dengan kuliah umum pada Senin, 5 Agustus 2024, dengan tema “Role of Biofilms in Health Care Associated-Infection” yang berlangsung di Gedung Auditorium, lantai 5, RSUP dr. Soeradji Tirtonegoro, Klaten. Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh direktur RSST Klaten yaitu dr. Sholahuddin Rhatomy, Sp.OT(K). Diakhir sesi Prof. Krom diajak mengelilingi RS untuk melihat koleksi peninggalan dari Belanda. Pada hari kedua, Selasa, 6 Agustus 2024, kegiatan dilanjutkan dengan kuliah umum yang bertajuk “Biofilm Infections in Hospital Setting” yang diselenggarakan di Selasar Auditorium Kresna, lantai 5, RS Akademik UGM. Pada kegiatan tersebut, terdapat 3 orang pembicara yaitu dr. Domas Fitria W, Sp. MK, Prof, dr. Titik Nuryastuti, M.Si., Ph.D., Sp.MK, dan Prof. Bastian Kroom dengan dimoderatori oleh dr. Edwin Widyanto D, Ph.D., Sp. MK. Sesi kuliah umum yang dilaksanakan di dua rumah sakit tersebut banyak membahas tentang infeksi dan kasus-kasus biofilm di lingkungan rumah sakit yang merupakan salah satu tantangan besar dalam dunia medis saat ini.

Kegiatan selanjutnya yaitu webinar hybrid yang diselenggarakan pada hari Rabu, 7 Agustus 2024 di Auditorium Gedung Tahir, lantai 8, Sayap Utara, FK-KMK UGM dengan topik “Dynamics of Biofilm Microbiome and Novel Techniques in Biofilm Research”. Kegiatan dimulai pada pukul 09.00 hingga pukul16.00 WIB. Kegiatan webinar dimoderatori oleh dr. Maria Silvia Merry, M.Sc. Sp.MK dari RS Panti Rapih. Pada sesi diskusi banyak mengeksplorasi terkait dinamika mikrobioma biofilm serta berbagai teknik inovatif dalam penelitian biofilm yang dapat menjadi terobosan di bidang kesehatan. Pada kegiatan ini banyak menghadirkan pembicara yakni Prof.Bastiaan Krom dari University of Amsterdam (The Netherlands), Prof. Cait Macphee, CBE, FRSE dari University of Edinburg( UK), Assoc.Prof Dr. Garth Alan James dan Prof. Dr Philip S Stewart dari University of Montana (USA) serta juga menghadirkan klinisi rumah sakit yakni Dr.dr.Sholahuddin Rathomy, SpOT(K) Hip and Knee dari RSUP dr.Soeradji Tirtonegoro, Klaten serta dr.Artono, SpTHT-KL(K), FICS dari RSUD dr.Soetomo Surabaya.

Rangkaian VPGL pada hari keempat yakni Kamis, 8 Agustus 2024 bertempat di Auditorium Gedung Tahir, lantai 8, Sayap Utara, FK-KMK UGM  yaitu kuliah umum untuk mahasiswa pascasarjana dan PPDS dengan tema “Acquiring and Maintaining a Normal Microbiome Biofilm: Current Perspective” yang dimoderatori oleh Ayu Rahayu, S.Si., M.Si. Pada sesi ini Prof. Bastian Krom menyajikan kuliah interaktif kepada mahasiswa yang hadir. Tidak kalah menarik Prof. Bastian Krom juga membagikan merchandise dari University of Amsterdam untuk para penanya di sesi kuliah tersebut.

Di hari kelima yakni Jumat, 9 Agustus 2024 diadakan acara ramah tamah Bersama dekanat. Turut hadir di acara ramah tersebut yaitu Prof. dr. Yodi Mahendradhata, M.Sc, Ph.D, FRSPH selaku Dekan FK-KMK, Dr. dr. Lina Choridah, Sp.Rad(K) selaku Wakil Dekan Bidang Penelitian dan Pengembangan , dan dr. Ahmad Hamim Sadewa, Ph.D selaku Wakil Dekan Bidang Akademik dan Kemahasiswaan. Seluruh rangkaian kegiatan ini didukung oleh Hibah VPGL FK-KMK UGM dan merupakan bagian dari upaya fakultas untuk berkontribusi pada pencapaian tujuan pembangunan berkelanjutan (SDGs), yaitu SDGs nomor 3 (Kesehatan dan Kesejahteraan) dan SDGs nomor 17 (Kemitraan untuk mencapai tujuan) melalui kolaborasi riset bersama. Melalui kegiatan ini, FK-KMK, UGM menunjukkan komitmennya dalam mendukung pengembangan ilmu pengetahuan dan peningkatan kualitas kesehatan masyarakat global.

Oleh: Dian A
Editor : Ayu R

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.