Staf Dept.Mikrobiologi FK-KMK turut aktif menjadi Pemateri di Pelatihan Kader Posbindu ‘SEHATI’ FK-KMK UGM

Pada Sabtu, 22 Juni 2024, Ayu Rahayu, S.Si., M.Si sebagai salah satu staf Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM berkesempatan menjadi salah satu pemateri dalam kegiatan Pelatihan dan Refreshing Kader Posbindu “SEHATI” yang diselenggarakan oleh HPU FK-KMK. Acara ini berlangsung di Auditorium Lantai 8, Gedung Tahir Sayap Utara, FK-KMK UGM.

Dalam paparannya, Ibu Ayu Rahayu membahas pentingnya penerapan perilaku safety di Posbindu. Penerapan menjaga keselamatn diri penting dilakukan saat melaksanakan pemeriksaan kesehatan kepada pengunjung Posbindu. Dengan demikian, diharapkan kader Posbindu dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan aman baik kepada pengunjung dan lingkungan. Beliau menekankan beberapa aspek penting seperti konsep hand hygiene, penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) yang sesuai, serta kewaspadaan saat bekerja dengan jarum atau benda tajam. Selain itu, juga menjelaskan bagaimana cara memilah dan membuang limbah medis yang benar.

Kegiatan ini sejalan dengan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan (SDGs), khususnya tujuan ke-3: Kehidupan Sehat dan Sejahtera. Dengan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para kader kesehatan, diharapkan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Semoga dengan adanya pelatihan ini, para kader Posbindu dapat semakin terampil dan profesional dalam menjalankan tugas mereka. Dukungan dan partisipasi dari semua pihak sangat diharapkan untuk menciptakan lingkungan yang sehat dan aman bagi seluruh masyarakat.

oleh: Dian A

editor: Ayu R

1 reply

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.