Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM dan RS Dr. Tjitrowardojo Saras Husada Purworejo Bahas MoU Pembangunan Laboratorium Mikrobiologi

Senin, 27 Mei 2024 – Departemen Mikrobiologi FK-KMK Universitas Gadjah Mada mengadakan pertemuan penting dengan pihak manajemen Rumah Sakit Dr. Tjitrowardojo Saras Husada Purworejo. Pertemuan ini diselenggarakan di Gedung Tahir, Lantai 2 FK-KMK UGM dengan agenda utama membahas Memorandum of Understanding (MoU) untuk pembangunan Laboratorium Mikrobiologi di rumah sakit tersebut.

Dari pihak Rumah Sakit, hadir drg. Maharani Mantusiana selaku Kepala Bidang Penunjang Pelayanan dan Manajemen Informasi Kesehatan, serta ibu Zumrotul Chimariyah, SKM., MPH selaku Kepala Bagian Perencanaan dan Hubungan Masyarakat. Sementara itu, Departemen Mikrobiologi diwakili oleh dr. Abu Tholib Aman, M.Sc., Ph.D., Sp.MK(K) selaku Koordinator Program Studi Mikrobiologi Klinik, Prof. Dr. Titik Nuryastuti, M.Si., Ph.D., SpMK(K) selaku Ketua Departemen Mikrobiologi, serta dr. Almarissa Ajeng P, dr. Kumala, dan dr. Vidyadhari Puspa P selaku residen mikrobiologi klinik.

Pertemuan ini merupakan langkah yang baik dalam upaya meningkatkan kapasitas layanan dan penelitian mikrobiologi di RS Dr. Tjitrowardojo Saras Husada Purworejo. Dengan adanya laboratorium ini, diharapkan mampu memperkuat layanan kesehatan, khususnya dalam penanganan penyakit infeksius, serta menjadi pusat rujukan yang handal di wilayah Purworejo dan sekitarnya. Inisiatif ini sejalan dengan tujuan Sustainable Development Goals (SDGs) nomor 3, yaitu memastikan kehidupan yang sehat dan mendukung kesejahteraan bagi semua orang di segala usia dan nomor 17, yaitu kemitraan untuk mencapai tujuan.

Pada pertemuan ini membahas MoU dan penyusunan rencana kerja detail untuk memastikan proyek ini berjalan sesuai dengan yang direncanakan. Semua pihak yang terlibat optimis, bahwa kerjasama ini akan memberikan kontribusi signifikan dalam dunia kesehatan, khususnya dalam upaya penanggulangan penyakit infeksi. Kerjasama ini juga mencerminkan komitmen Departemen Mikrobiologi FK-KMK UGM dalam mendukung peningkatan mutu layanan kesehatan melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang mikrobiologi klinik. Kedua belah pihak berharap, pembangunan laboratorium ini dapat segera direalisasikan dan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat.

oleh: Dian A

editor: Ayu R

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published.